TRANSFER REKENING ASLI "BERBAGI BERKAH": BRI a/n IHWAN ARIF NO.REK: 6283-01-015934-53-7

Cara Membuat Capcay ala Restoran yang enak

cara membuat capcay ala restoran
Anda tentu mengerti panganan yang bernama capcay ala restoran. Masakan ini sangat pas dijadikan sebuah menu hidangan yang enak bagi seluruh keluarga Anda. Karena, selain rasanya yang gurih, cap cay juga kaya akan kandungan nutrisi didalamnya. Gizi tersebut tentu saja sangat berguna bagi kebugaran tubuh.Di samping itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi beberapa jenis hidangan makanan sehari-hari terutama dibuat menjadi sop kuah yang nikmat. Dengan dilengkapi berbagai rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini pasti akan menaikkan selera makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara digoreng maupun dengan cara diberi kuah, capcay ala restoran dua-duanya sama lezatnya.
Cap cay, capcay ala restoran atau capcai ialah salah satu menu kuliner yang berawal dari budaya warga Tionghoa. Istilah capcay ala restoran sendiri mempunyai arti 10 sayur, akan tetapi
meskipun demikian tidak berarti kita mesti menggunakan 10 macam sayuran saat memasak capcay ala restoran. Sederhananya, capcay ala restoran dapat diartikan sebagai masakan yang menggunakan berbagai macam sayuran sebagai bahan baku utamanya.
Cap cay yang akan kita buat kali ini adalah jenis cap cay sederhana. Sebetulnya, resep capcay ala restoran sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya sebab sama-sama menambahkan banyak sayuran, & yang membedakan hanya cara pembuatannya. Sesuai namanya, cara memasak berbagai macam sayuran ini bisa dimasak memakai kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.
Saat membuat capcay ala restoran, sekali lagi tidak ada resep yang pasti dan tidak harus menambahkan sepuluh jenis sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan baku capcay ala restoran sederhana antara lain adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain sebagainya. Resep cap cai sederhana tidak mematok jumlah atau jenis sayuran, semua tergantung pada minat dan ketersediaan bahan.

Resep Capcay ala Restoran Sederhana Enak dan Praktis

Saat memasak capcay ala restoran, yang sepatutnya kita perhatikan ialah tekstur sayuran supaya tidak terlalu layu. Seandainya terlalu layu, maka nilai vitamin yang ada didalamnya akan minim dan tampilan capcay ala restoran juga menjadi kurang cantik. Panaskan beberapa saat namun jangan sampai terlalu lama dan terlalu masak. Usahakan sebelum memasak, pastikan semua sayuran telah dicuci bersih untuk menjaga kebersihannya.
Bahan-bahan Pokok Resep Capcay ala Restoran Sederhana
  1. 5 buah jagung muda.
  2. 5 potong kembang kol, belah dua
  3. 5 bh brokoli, jadikan dua
  4. 5 btg buncis, iris serong
  5. 1 btg wortel, iris tipis
  6. 6 bh jamur kancing, kemudian belah menjadi dua
  7. 6 butir bakso sapi, lalu diiris
  8. 6 ekor udang laut kupas
  9. 10 bh kapri muda, iris mengarah serong
  10. 1 bh caisim, potong yang sedang-sedang
  11. 1 buah swai hijau, iris sedang

Bumbu – bumbu

  1. 4 suing bawang merah, cincang sampai halus
  2. 2 butir bawang putih, cincang hingga halus
  3. 1 bh bawang bombay, potong dadu
  4. 1 btg daun hijau bawang, potong pendek-pendek
  5. 1 buah tomat segar, potong dadu
  6. 2 centimeter jahe segar, lalu tumbuk
  7. 1 sdt garam asin
  8. 1 sendok teh gula pasir manis
  9. 1/2 sendok teh merica jenis bubuk
  10. 2 sdm saus tiram
  11. 1 sendok makan kecap manis
  12. 1 sdm tepung maizena
  13. 50 milliliter kaldu ayam cair

Cara Membuat Capcay ala Restoran Sederhana

  1. Siapkan semua bahan sayuran dan pastikan telah dibasuh bersih sebelumnya, sediakan bumbu penyedap, larutkan tepung maizena ke dalam kaldu ayam cair, lalu sisihkan.
  2. Panaskan bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan tomat, jahe tumbukan dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit hingga daun bawang agak menyusut.
  4. Masukkan semua bahan, lalu masak sebentar.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, saus tiram dan kecap hitam. aduk sampai rata.
  6. Selanjutnya, tambahkan larutan sagu maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, masak hingga air matang dan kaldu mengental.
  7. Angkatlah dan sajikan hangat.
Resep capcay ala restoran goreng maupun capcay ala restoran kuah memang fleksibel. Anda bisa menambahkan berbagai pilihan sayuran hijau kedalamnya sehingga kaya akan nilai gizi yang baik untuk tubuh terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Proses membuat capcay ala restoran sederhana juga sangat gampang, maka dari itu kuliner yang satu ini kerap menjadi andalan para ibu rumah tangga. Nikmat, sederhana dan praktis. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar