TRANSFER REKENING ASLI "BERBAGI BERKAH": BRI a/n IHWAN ARIF NO.REK: 6283-01-015934-53-7

Resep Sambal Tumpang

Sambal tumpang, mungkin sebagian orang belum tahu apa itu sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan masakan khas dari kota Kediri. Sambal tumpang sendiri dibuat dari tempe yang difermentasi, orang di daerah Kediri dengan nama tempe bosok, dan ditambah beberapa bumbu lain, misalnya bawang merah dan putih serta cabe.

Resep Sambal Tumpang
Cara penyajian sambal tumpang sendiri sama persis dengan sambal pecel. Di kota Kediri sendiri 1 porsi sambal tumpang di jual dengan harga 5 ribu plus teh. Itu pun kita sudah mendapat porsi yang sangat banyak. Penjual sambal tumpang di Kediri sendiri hampir berada dimana – mana. Yang terkenal adalah di Jalan Doho, karena hampir sepanjang jalan itu, di pinggiran jalannya di penuhi dengan penjual Nasi tumpang maupun nasi pecel. Mereka biasanya baru buka malam setelah pertokoan mulai tutup sampai dini hari.

Penjual nasi tumpang maupun pecel ini, juga bisa di jumpai di desa ataupun di daerah kota Kediri, baik itu di warung lesehan, restoran, bahkan di warung – warung pojok. Nasi tumpang atau pecel yang di jual di jalan doho ini, disajikan menggunakan wadahnya dari daun pisang atau bisa disebut juga dengan pincuk dan sendok dari daun pisang juga yang mempunyai nama lain suru, namun tenang saja, bagi anda yang tidak terbiasa dengan suru penjual juga menyediakan sendok biasa. Banyak sekali penikmat nasi tumpang yang menyukai jika wadah terbuat dari daun pisang, karena rasa tumpang sendiri akan lebih nikmat. Penikmat sambal tumpang ini juga tidak hanya dari daerah Kediri saja, namun banyak wisatawan dari kota lain yang rela datang ke Kediri demi menikmati masakan khas Kediri ini. Seandainya tumpang tidak mudah basi, mungkin saja bisa di ekspor ke luar. Setelah kita mengetahui tentang sambal tumpang, maka tak ada salahnya jika kita mencoba membuat resep sambal tumpang olahan sendiri. Dan berikut adalah langkah – langkah untuk membuat sambal tumpang yang enak.
Bahan – bahan :
– tempe fermentasi ( tempe bosok ) 150 gr
– cabe merah 5 buah
– cabe rawit 5 buah
– kencur
– bawang merah 4 butir
– bawang putih, 2 siung
– daun jeruk 2 lbr
– daun salam 2 lbr
– lengkuasan 1cm, memarkan
– santan 400 ml
– 1 sdt gula pasir
– sdt garam
Hal pertama yang harus di lakukan untuk membuat resep sambal tumpang yaitu rebus dahulu tempe, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun kencur serta daun lengkuas dalam wadah panci. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam serta lengkuas. Rebus kembali bahan – bahan yang dihaluskan tadi, lalu tuangkan santan dan biarkan sampai mendidih. Tambahkan pula garam dan gula pasir, aduk terus hingga air berkurang dan menjadi agak kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar